Mengenal Pribadi Allah

Related Posts

Amos 3:1-8

Firman yang datang melalui nabi Amos, merupakan suatu penegasan yang dtujukan kepada setiap pribadi umat Israel (menunjuk kepada individual/pribadi Kristen) dan kepada seluruh bangsa Israel (menunjuk kepada universal/gereja).
Penegasan itu berisi statement/pernyataan Tuhan (ayat 2), Yaitu:”Hanya kamu yang kukenal dari segala kaum dimuka bumi, sebab itu aku akan menghukum kamu karena segala kesalahan kamu.”
Pengenalan Allah kepada kita dan bahkan kepada seluruh gereja, merupakan pengenalan yang begitu dekat, Alkitab menuliskan : “…Tuhan mengenal siapa kepunyaan-Nya”… (2 Timotius 2:19), Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau,...(Yeremia 1:5); seperti bapa sayang anak-anaknya (Mzm 103:13); Aku mengenal segala perbuatan dan rancangan mereka,… (Yesaya 66:18); Aku mengasihi engkau dengan kasih yang kekal,..(Yeremia 31:3).
Oleh dasar pengenalan inilah, maka Allah akan menghukum kita bila kita melakukan kesalahan (ayat 2b), hukuman diberikan sebagai bukti kasih-Nya kepada kita (wahyu 3:19), dan sebagai orang-orang yang begitu dikenal Allah sudah seharusnyalah bagi kita untuk menjauhi segala kejahatan, apapun wujud atau bentuk dari kejahatan itu (2Timotius 2:19). Ganjaran dari menjauhkan diri dari kejahatan adalah kita akan akan terhindar dari hukuman, bahkan sebaliknya berkatlah yang akan kita terima.
Allah telah begitu mengenal pribadi kita dan gereja, lalu bagaimana tindakkan kita untuk juga dapat mengenal Dia secara pribadi? Sangat penting bagi kita untuk dapat mengenal pribadai Allah, sebab itu Allah melalui kiasan-kiasannya menyingkapkan suatu cara untuk dapat mengenal Dia, mendekat pada-Nya dan menerima berkat-Nya.

1.      Mengikat perjanjian dengan Allah, (Ayat 3; bdk.Kisah Rasul 2:39).
Janji adalah sebuah kontrak psikologis yang menandakan transaksi antara 2 orang di mana orang pertama mengatakan pada orang kedua untuk memberikan layanan maupun pemberian yang berharga baginya sekarang dan akan digunakan maupun tidak. Janji juga bisa berupa sumpah atau jaminan.
Janji dapat diucapkan maupun ditulis sebagai sebuah kontrak. Melanggar janji tak hanya sering dianggap sebagai perbuatan tercela, malahan juga ilegal, seperti kontrak yang tidak dipegang teguh. (Mazmur 12:7)
Catatan : Seperti janji pernikahan

2.      Berharap kepada Allah, (ayat 4; bdk. Ayub 4:11; Mazmur 104:21).
Singa merupakan seekor binatang yang sangat kuat. Ia mampu menaklukkan mangsa yang jauh lebih besar dari pada dirinya. Bila seekors singa sampai tidak mendapat mangsa, berarti daerah itu sedang dilanda kekeringan yang sangat panjang, sehingga tak terdapat seekor pun binatang yang dapat dimangsa.
Pada masa "krisis ekonomi" yang parah sekalipun, Allah berjanji bahwa orang yang mencari Dia tak akan kekurangan sesuatu pun yang baik. Artinya Allah menjamin kehidupan orang yang menaruh prioritas yang benar, yaitu mengutamakan mencari Tuhan daripada mencari perkara duniawi, (Mazmur 34:11).

3.      Memikat hati Allah, (ayat 5; Lukas 19:1-10). Apakah anda menarik?
Yesus sebenarnya hanya ingin melintas saja di kota Yerikho, tetapi di kota itu ada satu org berdosa yang memilik daya tarik yang luar biasa sehingga membuat Yesus berhenti, bahkan mampir dirumahnya, orang ini adalah Zakheus seorang pemungut cukai. Didalam diri Zakheus ada sesuatu yg membuat Yesus terpikat kepadanya.
            Bagaimana cara Zakheus membuat Yesus terpikat kepadanya:
            a.       Berusaha untuk mengenal Yesus (ayat 3)
            b.      Menyadari kelemahannya (ayat 4,5)
      Larilah mendahului orang lain dan berusahalah mengatasi yang menjadi kelemahan kita. Seperti Zakheus, ia naik ke pohon karena dia pendek maka bertemu dengan Tuhan, ada banyak orang disekitar Yesus tetapi tidak membuat Yesus tertarik, tetapi saat Yesus melihat Zakheus orang yang dipandang berdosa oleh orang-orang banyak itu, Tuhan Yesus melihat ada emas (kerendahan hati) dalam diri Zakheus, sehingga Tuhan terkesan dan berkata segeralah turun.
              c.      Menerima Yesus dengan sukacita (ayat 6)
              d.      Berkomitmen (ayat 8)
4.      Merasakan kehadiran-Nya (ayat 6; Mazmur 23:1-6)
Mazmur ini merupakan suatu pengakuan dari Daud akan kahadiran Tuhan yang begitu dekat dan begitu istimewa dalam hidupnya. Daud memiliki hubungan pribadi dengan Tuhan, dan begitu istimewa sehingga lahir pengakuan mazmur ini.
Seseorang yang memiliki hubungan pribadi yang begitu akrab dan begitu istimewa dengan Tuhan, akan merasakan kehadiran Tuhan dan campur tangan-Nya dalam seluruh aspek kehidupannya; dan tentu orang tersebut akan terpanggil untuk memberi kesaksian yang tulus yang lahir dari dalam hatinya tentang Tuhan. Pengakuan tulus inilah yang diberikan oleh Daud sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan.

Seringkali kita salah mengenal sosok Yesus yang sesungguhnya, karna banyak dari kita yang hanya mengenal Yesus cuma sekedar aja, dan bahkan tidak sedikit juga dari kita yang tidak mengenal Yesus sama sekali. Akibatnya, kita salah presepsi terhadap Yesus, oleh karena itu, marilah kita mengenali pribadi Yesus secara menyeluruh, mari kita lihat kebaikan-kebaikanNya, mari kita rasakan jamahan-Nya, mari kita dengar suaraNya dan yang paling penting, mari kita berikan hati kita untuk lebih dekat dengan DIA, agar kita bisa bercerita kepada orang lain, betapa luar biasanya TUHAN YESUS itu.


About the Author
Unknown

Share a little biographical information to fill out your profile. This may be shown publicly. Share a little biographical information to fill out your profile

No comments:

Leave a Reply

Hosting Unlimited Indonesia
" });
" });
free counters
"Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu..." Matius 28:19-20.